Thursday, April 11, 2019

MENGATASI KECANDUAN GAME PADA ANAK


   
   Hampir semua anak yang terlahir pada masa kini, sudah mengenal game sejak usia dini. Baik permainan melalui handphone, laptop, playstation, termasuk game online yang melibatkan orang lain yang tidak dikenal. Seperti Emak ketahui dampak game pada anak sangatlah buruk. Tetapi kalau menyikapinya dengan bijaksana sebenarnya ada beberapa game yang justru memiliki pengaruh yang baik. Bahkan sekarang permainan game sudah bisa menghasilkan uang yang tidak sedikit jumlahnya. Dengan melarang anak bermain game sebenarnya Emak justru menjauhkan anak dari perkembangan jaman dan tehnologi yang kian maju. Dibawah ini ada beberapa tips untuk mencegah anak kecanduan bermain game. 

1.Memilih game yang tepat. Sebenarnya game tidak hanya menyajikan permainan yang berbau kekerasan saja, banyak juga game yang melatih kesabaran seperti memasak, atau bercocok tanam yang harus menunggu beberapa jam bahkan beberapa hari. Beberapa permainan melatih anak berbahasa Inggris bahkan untuk balita, ada juga yang melatih dan mempertajam daya ingat, mampu memecahkan masalah, dapat bekerja dalam tim, mengajarkan sportifitas, dan mengurangi stress ataupun rasa sakit. Jadi pilihlah game yang mendidik ke hal yang positif, supaya menghasilkan hal yang baik.
1. 
2. Tentukan waktu bermain dan konsisten dengan kesepakatan bersama. Biasakan anak mengatur waktunya bermain. Misalkan sehari hanya boleh bermain dua jam, atau boleh bermain setelah makan, mandi, dan mengerjakan pekerjaan rumah, sampai waktu yang disepakati bersama orang tua. Bila tidak mentaati peraturan, barulah diberi sangsi. Ini menjadikan anak bertanggung jawab dan tidak main belakang. Karena kalau Emak melarangnya bermain tanpa alasan yang jelas, anak justru semakin penasaran untuk bermain tanpa sepengetahuan Emak.
  
3. Bermain bersama. Sesekali luangkan waktu untuk ikut bermain bersama anak dan pelajari permainan apa yang diminati oleh mereka. Memberikan tips-tips yang baik, tapi tetaplah fokus pada tanggung jawab. Dengan terlibat dalam dunia anak Emak akan menjadi role model dalam bermain, sehingga mereka merasa nyaman, bermain dengan terang-terangan tanpa perlu menyembunyikan sesuatu, dan Emak bisa leluasa membatasi permainan yang dikehendaki tanpa menyakiti perasaan anak.

3. Berikan Pengertian. Beritahukan efek apa yang ditimbulkan dalam permainan yang sedang dimainkan anak. Dengan mengetahui akibat apa yang ditimbulkan dari suatu game dengan sendirinya anak akan belajar memilih permainan yang akan dimainkan dan menghindari permainan yang tidak disukai oleh Emak 

Demikian sedikit tips untuk mencegah anak menjadi pecandu game, tapi tetap mengikuti perkembangan jaman, dan menjadikan Emak teman bermainnya.

No comments:

Post a Comment