Saturday, June 29, 2019

Dari Ujung Rambut ke Ujung Kaki

Kecantikan seorang wanita memang terpancar bukan hanya dari wajahnya saja. Tapi dari cara merawat bagian-bagian tubuh lainnya, seperti kulit, rambut, bahkan kaki. Tentu Emak juga tidak mau kalah, ingin terlihat cantik dan mempesona, bukan?
Dibawah ini ada beberapa tips yang dapat Emak gunakan supaya terlihat cantik, dari ujung  rambut hingga ujung kaki.

1. Rambut
Ada pepatah yang mengatakan bahwa “rambut adalah mahkota bagi wanita”. Tentu saja rambut sehat menjadi idaman setiap wanita. Rambut yang halus, lembut dan berkilau adalah cirri-ciri rambut yang sehat. Jangan biarkan rambut Emak menjadi rontok, kering, pecah-pecah dan berketombe. Rawatlah rambut dengan cara mencucinya secara rutin. Pilih sampo yang sesuai untuk keadaan rambut dan kepala. Bila perlu, gunakan kondisioner, ramuan herbal, vitamin rambut dan tonic untuk menjaga kesehatan rambut, dan melindunginya.

2. Wajah
Kulit wajah yang mulus dan halus tentu menjadi perhatian dan daya tarik seseorang. Sebaliknya, wajah yang berminyak, kering dan kusam memberi kesan yang kurang menarik. Cuculah muka setiap malam sebelum tidur setelah beraktivitas seharian. Polusi dan debu serta sinar matahari akan membuat wajah kusam dan bahkan berjerawat. Gunakan pelembab dan krim tabir surya yang mengandung minimal SPF 30 untuk kegiatan di bawah terik matahari. Rawatlah wajah dengan krim malam dan masker untuk menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit wajah.

3. Mata
Masalah pada mata biasanya adalah kerutan kecil dan kantung mata atau lingkar hitam pada mata. Penyebabnya adalah kurangnya kolagen dan minyak pada daerah sekitar mata. Gunakan krim mata atau eye cream yang mengandung kolagen. Perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen. Beberapa diantaranya adalah jeruk, melon, susu dan telur.

4. Bibir
Atasilah bibir yang pecah-pecah dan kering dengan lip balm, atau pelembab bibir. Pilihlah lip balm yang mengandung petroleum atau bee wax. Banyak mengonsumsi air putih dan buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, lemon, tomat, wortel, dan lain-lain. Untuk melancarkan peredaran darah pada bibir, pijatlah perlahan menggunakan minyak almond atau es batu.

5. Kulit
Sama seperti halnya kulit wajah, kulit yang kusam juga mengurangi daya tarik. Rawatlah kulit dengan mandi secara teratur. Penyebab kulit kusam diantaranya adalah debu, polusi dan paparan sinar matahari. Selain itu, kulit yang terlalu sering kena AC dan kurang minum juga bisa menjadi kering. Gunakan hand and body lotion yang dapat membantu mengembalikan kelembaban kulit setelah mandi pagi dan sore.

6. Kuku
Jangan biarkan kuku menjadi kekuningan  karena terlalu banyak menggunakan cat kuku dan kebiasaan merokok. Berikan jeda pada kuku setelah menggunakan cat kuku. Gunakan base coat yang bisa melindungi kuku dari bahan kimia. Bersihkan kuku secara teratur.  Bila terkena noda kuning setelah memasak, rendam kuku dengan air hangat yang sudah diberi perasan jeruk nipis selama 15-20 menit. Maka kuku warna kusam dan kekuningan bisa hilang.

7. Kaki
Salah satu masalah Emak yang memiliki kesibukan di rumah adalah tumit yang pecah-pecah.  Hal ini bisa diakibatkan oleh bahan kimia pada detergen dan sering terpapar air. Hal ini tentu sangat mengganggu, apalagi bila menggunakan sepatu hak tinggi. Untuk itu gunakan foot cream yang dapat menghaluskan dan melembutkan tumit kaki. Pakailah secara rutin, niscaya pecah-pecah akan hilang.
Tampil cantik dan menarik tidak harus selalu mahal. Demikian beberapa tips sederhana untuk Emak agar senantiasa segar dan mempesona sepanjang hari. Selamat mencoba.

rendam tanganmu ke dalam air hangat yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis. Biarkan selama 15-20 menit. Fungsi air jeruk ini adalah kandungan astringent nya yang bisa menghilangkan warna kusam pada kuku. Ini juga bisa kamu lakukan bila tangan terkena noda kunyit setelah memasak.

No comments:

Post a Comment