Thursday, May 18, 2017

10 Fakta Tentang Kopi yang Perlu Kita Ketahui

Apa yang kamu ketahui tentang kopi?

Menjamurnya pebisnis yang hobby meeting di warung kopi sudah menjadi fenomena gaya hidup di kota-kota besar. Begitu pula halnya dengan arisan Ibu-Ibu yang setiap hari mengantar anaknya bersekolah. Ya, kopi adalah minuman paling populer di dunia saat ini. Minuman kopi terbuat dari bubuk biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan. Bisa dinikmati dalam keadaan panas maupun dingin.

Meskipun kopi dikonsumsi lebih dari 400 milyar gelas perhari, banyak orang Indonesia yang anti minum kopi. Kopi bisa menjadi jerat, tapi bisa juga menjadi obat.

Berikut 10 fakta tentang kopi yang perlu kita ketahui:

      1. Kopi berasal dari nama latin coffea
      Kopi  memiliki dua varietas. Yaitu kopi Arabika (Coffea Arabica) yang paling populer, berasal dari Etiopia dan kopi Robusta (Coffea Canephora) yang memiliki rasa sedikit lebih pahit, berasal dari Kongo.


2. Kopi Luwak

    Selain kedua varietas kopi tersebut, kini ada kopi yang dikenal dengan nama kopi Luwak. Yaitu subvarietas dari kopi robusta dan kopi arabika. Kopi yang memiliki harga jual tertinggi ini diproses dengan cukup unik. Kopi luwak adalah biji kopi yang telah dimakan oleh luwak (semacam musang). Karena tidak semua biji kopi dapat dicerna dengan baik, maka biji kopi akan keluar bersama kotoran luwak. Dengan fermentasi singkat oleh bakteri dalam perut luwak inilah yang membuat kopi luwak memiliki cita rasa yang unik.

3.Sejarah Kopi
      Bangsa Etiopia di Afrika pertama kali menemukan minuman kopi sekitar 3000 tahun yang lalu (1000 SM). Sebelumnya biji kopi dikonsumsi dengan cara mencampurkannya dengan lemak hewan dan anggur untuk memenuhi kebutuhan protein dan energi tubuh.


4. Penemu Kopi 

      Khalid, seorang penggembala kambing yang pertama kali menemukan khasiat kopi pada kambing gembalaannya yang terus terjaga setelah mengonsumsinya. Khalid kemudian memasak dan memakannya.


      5. Kopi pertama kali disebaarkan di Arab

      Sebagai minuman penambah energi, kopi pertama kali disebarkan di Arab. Kemudian ditanam di luar Arab sekitar tahun 1600-an. Selanjutnya kopi dibawa masuk ke Eropa oleh seorang saudagar Venesia pada tahun 1615 dan dibudayakan di Belanda.


      6. Kopi mulai di budidayakan oleh bangsa Belanda sekitar tahun 1616, dan pada tahun 1690 masuk ke Pulau Jawa.  Tahun 1714, Raja Louis XIV mendapat tanaman kopi sebagai salah satu pelengkap koleksinya diKebun Botani Royal Paris, Perancis.

     
      7. Kopi sempat menimbulkan perdebatan. Bagi Sultan Mekah kopi dianggap minuman suci, setelah adanya aksi Khait Beg yang melarang peredaran kopi. Sementara umat kristiani baru diijinkan minum kopi oleh Paus Clement VII pada tahunj 1600. Pada tahun 1668 Kepopuleran kopi menggeser bir sebagai minuman terfavorit di New York.  
     
      8. Kopi mengandung Tanin yang dapat mengubah lapisan warna gigi hingga hitam atau kecoklatan. Kopi bisa mempengaruhi DNA dan meningkatkan risiko terkena kanker kandung kemih dan ovarium. Kandungan kafein pada kopi bersifat menyerap vitamin, mineral dan cairan tubuh hingga daya tahan tubuh menjadi lemah. Untuk mengatasinya, minumlah air putih setelah mengonsumsi kopi.


9. Menurut penelitian, senyawa dalam kopi (asam chlorogenik) mampu mencegah diabetes, mengurangi risiko penyakit hati dan stroke 20% lebih rendah. Kafein juga ternyata dapat membantu mengurangi cedera otot karena penuaan.







     10. Minuman kopi sekarang sangat beragam, dengan proses penyajian dan pengolahan yang unik. Minuman kopi yang umum dijumpai adalah kopi hitam (kopi bubuk tanpa tambahan apapun), espresso (minuman kopi dengan tekhnik mengekstrasi biji kopi dengan uap panas di tekanan tinggi), latte (espresso ditambah susu), cafĂ© au lait (seperti latte dengan campuran kopi hitam), caffe macchiato (ekspreso ditambah susu 4:1), cappuccino (kopi, susu, krim dan coklat), dry cappuccino (cappuccino tanpa susu), frappe (espresso dingin), dan lain-lain.

      Demikian 10 fakta tentang kopi yang perlu kita ketahui. Di Indonesia sendiri kopi merupakan salah satu primadona hasil perkebunan. Kopi bukan hanya disajikan di kafe atau warung kopi esklusif, melainkan sudah menjadi salah satu minuman tradisional hingga ke pelosok daerah. Yuk, kita ngopi lagi?

No comments:

Post a Comment