Sunday, March 5, 2017

Cara Menikmati Masa Awal Kehamilan


Masa awal kehamilan adalah masa dimana Bunda mendapatkan hal yang baru, terutama bila ini adalah kehamilan pertama.  Sensasinya, perasaannya, pikirannya, semua bercampur aduk sehingga hampir tidak bisa lagi berkonsentrasi dan fokus pada satu peristiwa, sering juga Bunda menjadi tidak optimal dalam melakukan segala sesuatu. Terlebih bila dibarengi dengan “morning sick” alias ngidam.  Tiga bulan pertama biasanya merupakan masa yang paling berat. Kondisi Bunda turun sangat drastis. Jangankan disuruh makan banyak, kadang mencium harumnya nasi yang baru matang saja banyak Bunda yang tidak tahan, dan terpaksa vomit (muntah). Padahal disaat kehamilan muda itulah justru Bunda dituntut untuk lebih sehat supaya bayi yang dikandungnya juga kuat. Banyak mitos tentang kehamilan, dari yang sederhana seperti mengerjakan segala sesuatu harus sampai tuntas, contohnya kalau Bunda menyapu harus sampai selesai alias berakhir di tempat sampah, jangan hanya dikumpul dipojokkan, tidak boleh memotong rambut saat hamil, sampai yang ekstrim dan berbau mistis seperti kemana-mana harus membawa gunting atau benda tajam supaya bayinya tidak dicuri kuntilanak, (nah loh ^_^ )

Dibawah ini saya mau berbagi sedikit tips yang bisa membantu Bunda melewati masa kehamilan menjadi lebih menyenangkan.

  •             Berhati-hatilah dalam melakukan sesuatu, baik dalam hal perkataan maupun tindakan. Jangan melakukan kegiatan yang berlebihan terutama menyangkut kondisi tubuh yang sedikit lebih rentan dibanding biasanya.
  •             Menjaga kehamilan yang sulit di tiga bulan pertama, sebaiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter, terlebih dalam menggunakan obat-obatan anti mual dan vitamin. Konsumsilah susu khusus ibu hamil, karena Bunda biasanya belum sanggup makan dengan baik terutama nasi. Tetaplah berusaha makan walaupun tak jarang keluar lagi. Bila Bunda tidak sanggup makan nasi, gantilah dengan bahan makanan lain yang gizinya sama, misal ubi atau kentang. Perbanyak sayuran dan buah-buahan juga bisa mengurangi rasa mual.
  •            Banyak Bunda yang dalam kondisi hamil muda mengalami stress bahkan tak jarang harus di opname di Rumah Sakit.  Ngidam atau menginginkan sesuatu jenis makanan yang biasanya sedikit aneh, mood atau perasaan Bunda yang berubah-ubah serta sering gelisah dan mudah baper. Untuk mengatasinya cobalah membuat suatu kesibukan yang menyenangkan tapi jangan sampai kelelahan. Bercerita dengan teman, menonton film, membaca buku, atau membuat kue adalah salah satu solusi
  •             Jangan malas. Terkadang saking takutnya Ibu yang hamil muda justru tidak melakukan apa-apa padahal kondisi badannya sehat. Membereskan rumah, mendekorasi rumah dan ruangan bayi, membuat kita menikmati suasana hingga lebih menyenangkan. Berbelanja pakaian bayi, dan sedikit berolah raga juga bisa membantu mengalihkan rasa mual.

Akhir kata semua itu kembali kepada passion Bunda untuk dapat mengatasi rasa aneh dan tidak nyaman dimasa kehamilan ini. Intinya nikmati saja, toh beberapa bulan kedepan rasa tidak nyaman itu akan hilang sendiri, malah bisa menjadi sangat menyenangkan. Selamat menikmati kehamilan ya Bunda.

@Mayapada Hospital, @Mayapada Hospital Lebak Bulus, @Mayapada Hospital Tangerang, @Mayapada Healthcare Group

No comments:

Post a Comment